Wisata Kuliner di Jogja
Wisata Kuliner di Jogja - Foto: mark chaves dari unsplash

15 Tempat Wisata Kuliner di Jogja

Posted on

Banyak yang menyukai Bandung karena Bandung menjadi surga wisata kuliner. Eits, ternyata tidak hanya Bandung saja yang memiliki surga wisata kuliner, tapi juga di Jogja. Lagi – lagi, Jogja berhasil memikat hati para wisatawan dengan daya tarik uniknya, seperti kuliner khas Jogja ini.

Berbagai kuliner tradisional dan modern ada di Jogja. Rasa khas rempah yang bercampur dengan kuah dan nasi menjadi kenikmatan tersendiri ketika menjamah lidah. Apalagi, Jogja terkenal dengan kulinernya yang sangat ramah di kantong. Kalau kamu sedang di Jogja, sempatkan untuk mengunjungi pusat – pusat kuliner di Jogja ini.

Inilah 15 tempat wisata kuliner di Jogja:

Angkringan Lik Man

Ke Jogja harus mencoba angkringan. Angkringan adalah warung kecil yang biasanya hanya menggunakan gerobak, dimana para pelanggan nanti akan makan lesehan di trotoar beralaskan tikar. Angkringan menjajakan nasi kucing, yaitu nasi dengan porsi sedikit dengan lauk dan sambal. Yang seru adalah pelengkapnya, yaitu aneka gorengan, kue, dan juga sate. Tak lupa minuman hangat dan es yang menjadi teman makan.

Angkringan Lik Man sendiri begitu istimewa di Jogja, karena inilah angkringan pertama di Jogja yang telah berdiri sejak tahun 1969. Menu makanan yang disajikan rata – rata sama. Namun yang membuat Angkringan Lik Man begitu istimewa adalah minuman Kopi Joss-nya. Kopi Joss adalah kopi panas yang dicampur dengan arang yang masih membara, hingga timbul bunyi “josssss” dari celupan arang tersebut. Kono, arang ini berfungsi untuk menetralkan kafein sehingga lebih aman untuk perut.

Jika penasaran dengan angkringan legendaris ini, kamu bisa berkunjung ke Kawasan Stasiun Tugu, Yogyakarta. Yang buka dari pukul 18.00 sampai habis. Harganya pun sangat bersahabat, yaitu Rp 10.000 – Rp 15.000 untuk bisa makan dengan kenyang.

Gudeg Pawon

Berbicara kuliner Jogja sangat tidak mungkin jika tidak membicarakan gudeg. Salah satu tempat wisata kuliner gudeg legendaris adalah Gudeg Pawon. Dalam bahasa Jawa, pawon berarti dapur. Gudeg yang berdiri sejak tahun 1958 ini mengambil konsep dapur.

Dimana, pembeli dapat datang langsung di dapur, yang mana gudeg masih berada di atas tungku sehingga tetap hangat. Tempatnya masih sederhana, tapi kenikmatan Gudeg Pawon memang tidak bisa diragukan lagi. Rasa gudegnya dominan pedas, sehingga tidak eneg karena manis.

Kuliner ini buka di malam hari, yaitu pukul 21.30 – 00.00 WIB. Berlokasi di Jalan Janturan UH/IV No.36, Warungboto, Umbulharjo, Jogja.

Sate Klathak Pak Pong

Di sepanjang Jalan Imogiri, Bantul, banyak sekali jajaran kuliner khas daerah tersebut, yaitu sate klathak. Namun, satu yang menjadi favorit pengunjung adalah Sate Klathak Pak Pong.

Sate klathak adalah sate yang dibuat dari daging kambing, dengan bumbu sederhana yaitu garam, merica, dan kecap. Yang membuat istimewa adalah tusuknya yang terbuat dari jeruji sepeda, bukan bambu. Tujuannya supaya daging matang secara merata hingga ke dalam.

House of Raminten

House of Raminten adalah restoran berkelas dengan menu tradisional Jogja, seperti nasi kucing, sate lilit, cunduk, wedang sereh, brongkos, hingga tahu bola. Arsitektur khas Jawa sangat khas dibangun di sini. Kamu bisa mengunjungi restoran ini di Jalan FM Noto 7, Kota Baru, Yogyakarta, kapan saja karena restoran ini bukan selama 24 jam.

Bong Kopitown

Bong Kopitown menawarkan sensasi unik menyantap makanan, yaitu dengan tema penjara. Tempat wisata kuliner ini mengusung konsep penjara, lengkap dengan ruangan yang diberi sekat jeruji besi dan juga sipir di meja kasir.

Namun, menu makanannya bukanlah makanan khas penjara, melainkan menu makanan Indonesia dan luar negeri, seperti rendang spicy noodle, penang fried noodle, kopi tetes, sapo tahu, dan menu lainnya. Bong Kopitown beralamat di Jalan Sagan Kidul 4, Yogyakarta, buka dari pukul 10 pagi hingga 12 malam.

Kalimilk Yogyakarta

Cafe yang menawarkan susu di Jogja sangat menjamur, salah satunya adalah Kalimilk Yogyakarta. Di sini, kamu akan menemukan susu dengan berbagai rasa dan juga cookies serta snack yang menggoda nafsu makan.

Kalimilk memiliki desain semi outdoor, sehingga tidak memerlukan AC. Jika penasaran dengan tempat ini, kamu bisa mengunjungi Jalan Kaliurang KM 4,9 Yogyakarta.

Geprek Susu

Geprek Susu atau preksu, adalah kuliner yang tengah trend di kalangan anak muda, khususnya mahasiswa. Ayam geprek yang pedas itu dipadukan dengan parutan keju yang lembut. Dimakan dengan nasi hangat yang begitu nikmat.

Kenapa dinamakan geprek susu? Karena, spesial minuman di sini adalah susu. Jadi, makan ayam geprek pedas dengan susu. Nikmatnya tidak tertandingi, apalagi kamu juga bisa request geprek yang lain seperti jamur dan terong. Ditambah topping nikmat parutan keju cheddar, keju mozarella, dan kremes.

Baca juga: Tempat Nongkrong Kekinian di Jakarta

Untuk menikmati geprek susu, kamu bisa mengunjungi Jalan Colombo No.4A, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Yogyakarta.

Manggar Manding

Manggar Manding menyajikan gudeg, namun bukan dari nangka muda melainkan dari manggar atau bunga kelapa yang masih muda. Konon, gudeg manggar adalah sajian istimewa kerajaan yang disukai oleh para puteri kerajaan. Untuk menikmati sajian istimewa ini, kamu bisa berkunjung ke Jalan Parangtritis KM 11,5 Manding, Bantul, Yogyakarta.

Banyu Mili Country Club

Banyu Mili Country Club merupakan tempat wisata kuliner sekaligus wisata keluarga. Di sini, kamu bisa menikmati arena rekreasi dan wisata airnya. Sajian kuliner yang recommended di sini adalah aneka hidangan laut seperti kepiting dan udang. Untuk menikmatinya, kamu bisa menuju ke Perum Griya Mahkota, Jalan Godean KM 4,5 Yogyakarta.

Bakso dan Es Buah PK

Siang hari yang panas, cobalah melipir ke Bakso dan Es Buah PK di Jalan Pakuningratan No.76 A, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Jogja. Di sini terdapat tenda sederhana yang menyediakan kuliner berupa bakso dan es buah.

Kedai ini begitu legendaris karena telah berdiri sejak tahun 1973. Dari dulu hingga kini tetap mempertahankan cita rasanya yang begitu nikmat. Tak heran, setiap hari selalu ramai oleh pengunjung.

Nasi Campur Teri Gejayan

Kamu tidak akan bingung mencari makanan ketika lapar di malam hari di Jogja. Bukan hanya restoran cepat saji tujuannya, tapi juga warung tenda pinggir jalan yang begitu melegenda. Salah satunya Nasi Campur Teri Gejayan, menjadi andalan kala lapar di malam hari. Yang juga selalu ramai oleh pembeli.

Padahal, warung nasi ini hanya tenda sederhana, menyajikan nasi, teri, sayur bersantan, dan aneka lauk. Rasanya pedas dan gurih. Harga pun sangat bersahabat, dan kamu bisa berkunjung ke Jalan Affandi, Klitren, Gondokusuman, untuk menikmati warung nasi ini.

Nasi Goreng Padmanaba

Nasi Goreng Sapi Padmanaba menjadi nasi goreng favorit warga Jogja. Rasanya yang begitu khas dengan telur dan emping sebagai pendamping sangat cocok menangkal lapar di malam hari. Kamu bisa menuju ke Jalan Yos Sudarso, Kotabaru, Gondokusuman, atau di depan SMAN 3 Jogja.

Rujak Es Krim Pak Paino

Untuk menyegarkan tenggorokan di siang hari, cobalah melipir ke Jalan Harjowinatan, Purwokinanti, Pakualaman, tempat Rujak Es Krim Pak Paino membuka kedainya. Kamu bisa mencicipi segarnya rujak dan dinginnya es krim dalam satu mangkuk.

Cilok Gajahan

Meskipun cilok bukan makanan khas Jogja, namun cilok yang satu ini begitu legendaris di Jogja. Rasa cilok dan saus pedasnya nagih banget. Memiliki beberapa kedai, yaitu di area Keraton, Jalan Kaliurang Sleman, Depok Sleman, dan juga Kasihan, Bantul.

Baca juga: Tempat Wisata di Jogja

Oseng Mercon Bu Narti

Berlokasi di Jalan Ahmad Dahlan, Gang Purwodiningratan, terdapat tenda sederhana di pinggir jalan yang selalu ramai tiap malam. Inilah tenda Bu Narti, dengan menu andalan khasnya oseng mercon yang begitu pedas. Meski begitu, peminatnya tak pernah surut dan selalu ramai setiap hari.

Itulah 15 tempat wisata kuliner yang ada di Jogja. Selagi di Jogja, yuk mampir!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *