Tips Berhasil Belajar Online
Tips Berhasil Belajar Online - Foto: StockSnap dari Pixabay

10 Tips Berhasil Belajar Online

Posted on

Beberapa bulan belakangan ini belajar online semakin marak. Jika dulu hanya kalangan tertentu yang mengadakan belajar online, kini banyak digunakan dari jenjang pendidikan TK hingga kuliah. Hal ini tak lain karena adanya kebijakan work from home, stay at home, study at home, dari pemerintah untuk mengurangi bahaya penyebaran Covid-19 Corona.

Adanya belajar online dapat menggantikan pertemuan langsung di kelas. Dengan harapan, hanya dengan di rumah saja anak – anak dapat tetap memperoleh pendidikan seperti di sekolah. Tentu ini sangat memudahkan dan lebih aman di tengah kondisi ini.

Namun, tidak selamanya belajar online memberikan keberhasilan dalam penyerapan ilmu yang disampaikan. Ada juga yang merasa kesulitan terlebih dalam mengatur waktu belajar. Supaya belajar online yang kamu jalani berhasil, ada tips yang harus dijalani.

Dan inilah tips berhasil dalam belajar online:

Rencanakan Waktu Belajar

Jadwal yang ada memiliki tujuan baik, supaya kamu dapat belajar sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Jika tidak ada waktu yang pasti, buatlah rencana waktu belajar. Buatlah jadwal yang jelas dan rasional, artinya kamu dapat melakukannya dengan baik. Selain itu, jadwal juga dapat dibuat menyesuaikan dengan deadline. Jika deadline segera tida, baiknya kamu bisa memberikan waktu tambahan untuk deadline tersebut dalam belajar.

Jadwal ini mencakup waktu dimulai serta berala lama waktu yang dibutuhkan. Kamu tidak harus mengambil waktu pagi, yang terpenting waktu yang mana konsentrasimu sedang tinggi. Misalnya di pagi hari setelah bangun tidur.

Lama belajar juga penting untuk diperkirakan, jangan terlalu singkat dan jangan terlalu lama. Ingat, bahwa kamu juga masih memiliki aktivitas lain selain belajar online.

Lakukan Riset Media Belajar Digital

Jika sudah ditentukan oleh sekolah mengenai media belajar yang digunakan, maka hendaknya kamu mengikuti. Tapi, jika belajar online adalah keinginanmu sendiri untuk menambah ilmu, kamu harus jeli dalam memilih media belajar.

Lakukan riset sederhana dengan mencari tahu konsep media belajar tersebut serta materi yang ditawarkan. Kamu juga dapat mencari testimoni dari orang – orang yang pernah menggunakan media belajar yang akan kamu gunakan.

Jangan Menumpuk Pelajaran di Satu Sesi

Mengatur waktu belajar sangat penting, supaya kamu tidak keteteran dalam belajar. Siswa yang berhasil belajar secara online adalah mereka yang tidak menumpuk pelajaran di satu sesi. Artinya, kamu tidak perlu menyediakan waktu yang terlalu lama untuk beberapa sesi pelajaran. Tidak juga harus menggunakan sistem kebut semalam, yang akhirnya justru membuatmu lebih susah menyerap materi karena ada rasa terburu – buru dalam memahami.

Baiknya, jika kamu sudah memiliki materi untuk dipelajari, maka segera pelajarilah. Jangan ditunda atau menumpuknya dengan materi lain. Hal ini juga dapat membuat kamu lebih fokus dan lebih mengerti, daripada belajar sekaligus dalam satu sesi.

Belajar secara Rutin di Waktu yang Sama

Belajar secara rutin akan membuat kamu lebih terbiasa menerima pelajaran. Tentunya ini akan memberikan efek positif bagi diri kamu. Dengan mengatur jam belajar, tubuh dan otak jadi terbiasa untuk produktif di jam – jam itu.

Seperti halnya ketika di sekolah, siswa dituntut untuk belajar dari pagi hingga siang atau sore hari. Di waktu – waktu tersebut, tubuh dan otak siswa akan dipaksa untuk belajar, sehingga setiap harinya siap menerima pelajaran di jam – jam seperti itu.

Manfaatkan Layanan Chatting

Dalam belajar online, biasanya ada layanan chatting dengan para guru atau mentor. Sebaiknya jangan abaikan layanan ini. Karena ini dapat memudahkan kamu untuk bertanya materi – materi yang tidak kamu pahami. Ini juga lebih membantu untuk kamu yang biasanya malu ketika bertanya secara langsung.

Dengan fitur chatting, kamu juga tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk bertanya. Ketika ada hal yang tidak kamu mengerti, bisa langsung ditanyakan.

Hindarkan Diri dari Segala Gangguan

Belajar di rumah secara online tentu memiliki kekurangan berupa banyaknya gangguan. Baik itu gangguan dari dalam diri sendiri maupun dari luar diri. Misalnya gangguan bermain handphone, gangguan untuk makan, gangguan dari keluarga, suara – suara di luar rumah yang mengganggu, mudah mengantuk, dan lainnya. Penting untuk memotivasi diri sendiri supaya tidak menghiraukan gangguan tersebut.

Oleh karena itu, dari awal kamu juga dapat mempersiapkan diri. Misalnya mandi terlebih dahulu supaya tidak mengantuk. Bukan berarti, dengan sekolah online kamu tidak perlu mandi. Jika perlu, kamu dapat berdandan seperti ketika hendak pergi ke sekolah. Supaya badan lebih fresh dan segar.

Sarapan atau mengisi perut terlebih dahulu juga penting. Selain itu, matikan juga handphone atau ubah dalam mode silent dan matikan semua pemberitahuan selama kamu belajar. Dengan begitu, keinginan untuk bermain handphone dapat dihindari.

Mulailah dengan Materi yang Sulit Dahulu

Kebanyakan siswa akan memilih materi yang mudah baru mengerjakan materi yang sulit. Padahal sebaliknya, dengan kamu mengerjakan materi yang sulit terlebih dahulu, kamu akan memiliki energi yang optimal di awal belajar. Ketika tenaga terkuras mengerjakan materi sulit, maka kamu dapat dengan mudah mengerjakan materi lain yang lebih mudah. Sehingga, seluruh tugas atau materi dapat kamu selesaikan dengan baik.

Jika kamu mengerjakan materi yang mudah dulu, maka semangat dan keinginan untuk mengerjakan materi yang sulit akan turun. Dan endingnya, kamu justru akan bertanya kepada teman kelas lain untuk meminta jawaban.

Bergabunglah dalam Forum Diskusi

Belajar kelompok mempermudah kamu untuk dapat memahami materi – materi yang belum kamu pahami. Tentunya, kamu juga harus memilih kelompok yang benar – benar mengerti dan dapat membimbingmu. Kamu pun jangan menggantungkan diri pada kelompok. Dan harus aktif dalam kelompok dengan memberikan ide serta membantu anggota lain yang kesulitan.

Begitu juga dengan forum diskusi. Dengan adanya kelas online, tentu ada forum diskusi yang membahas mengenai kelas online tersebut. Kamu bisa bergabung di dalamnya untuk memperdalam materi. Sehingga, mudah bagi kamu untuk mengikuti materi dan tidak tertinggal karena ketidaktahuan.

Tinjau Kembali Catatan

Belajar online hendaknya dilakukan seperti belajar di kelas, yang mana kamu juga harus mencatat apa saja yang dismapaikan oleh guru atau mentor. Sebelum memulai kelas di hari esok, kamu bisa meninjau kembali catatan supaya dapat me-refresh ingatan akan pelajaran sebelumnya.

Konsisten dalam Menjalani

Rencana belajar serta media online dan gadget yang mumpuni tidak akan ada artinya jika kamu tidak konsisten. Oleh karena itu, konsistenlah terhadap apa yang telah kamu buat. Jangan biarkan dirimu tergoda untuk melakukan hal lain di sela – sela belajar online. Jangan hanya karena tida ada hukuman, kamu bisa seenaknya. Justru, dengan belajar online seharusnya dapat menjadi ajang pendisiplinan diri supaya tetap konsistem dalam menjalaninya.

Itulah tips supaya berhasil belajar online. Kunci supaya berhasil adalah konsisten dan disiplin dalam diri. Mematuhi rencana dan jadwal yang telah kita buat serta menghindari adanya gangguan baik dari diri sendiri maupun faktor lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *