Tempat Wisata di Jogja
Tempat Wisata di Jogja. Foto: Agus Riyanto dari Pixabay

15 Tempat Wisata di Jogja

Posted on

Jogja selalu ngangenin, banyak hal yang dapat dilakukan di kota ini. Jogja pun termasuk salah satu kota tujuan wisata terbanyak selain Bali. Menjadi kota tujuan wisata, sudah tentu jika Jogja memiliki banyak pilihan objek wisata. Mulai dari wisata alam, wisata buatan, wisata sejarah, hingga wisata kuliner.

Liburan di Jogja memang tidak pernah salah. Selain banyak hal yang dapat dilakukan, biaya untuk berlibur di sini pun tergolong murah. Jika kamu berencana untuk melakukan wisata di Jogja, tempat – tempat ini dapat menjadi referensi ketika berkunjung di sini.

Inilah 15 tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika di Jogja:

Pantai Indrayanti

Pasir putih yang membentang luas dengan air laut yang biru jernih akan langsung menyapa ketika menginjakkan kaki di Pantai Indrayanti. Pemandangan indah dengan dukungan fasilitas yang lengkap menjadikan pantai ini banyak diminati oleh wisatawan. Tidak hanya itu, lokasi Pantai Indrayanti juga berdekatan dengan pantai – pantai lain yang juga tak kalah indah. Jadi dapat sekaligus dikunjungi.

Pantai Nglambor

Jika ingin lebih menantang, kamu bisa mengunjungi Pantai Nglambor. Di sini, kamu bisa uji nyali dengan menyeberang pulau kecil dengan jembatan kayu dan pegangan tali. Sensasi menyeberang dengan jembatan di atas laut ini benar – benar memacu adrenalin.

Selain itu, Pantai Nglambor juga memiliki laguna alami dengan air yang cukup tenang. Alam bawah lautnya pun begitu memukau, sehingga menjadi tempat yang tepat juga untuk snorkeling.

Malioboro

Malioboro seolah menjadi destinasi wajib wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Wisata belanja, kuliner, dan sejarah menjadi satu di area ini. Deretan toko – toko dengan gaya semi klasik memadati sepanjang Jalan Malioboro. Malam hari, jalan ini semakin ramai dengan banyaknya penjaja makanan hingga pengamen jalanan yang begitu unik. Bukan gitar atau bas betot yang digunakan, melainkan alat musik angklung yang telah dimodifikasi. Para pengamen ini pun melengkapi atraksinya dengan penyanyi wanita beserta penari latarnya. Yang mana membuat pengunjung turut ikut menari memeriahkan suasana.

Di sini pun banyak bangunan – bangunan bersejarah yang masih tetap berdiri. Seperti kantor Pos Indonesia, Bank Indonesia, hingga Bank BNI pusat yang berada di persimpangan jalan. Menjadi spot indah untuk berfoto di kala senja.

Museum Ullen Sentalu

Beralih ke Kaliurang, sambil menikmati sejuknya udara, kamu bisa menuju Museum Ullen Sentalu. Di sini, kamu dapat menjumpai arsitektur museum yang begitu unik. Dimana terdiri dari undakan, kelokan, serta labirin yang menuju ke salah satu ruang pameran di bawah tanah.

Di museum ini, kamu akan menjumpai berbagai koleksi bersejarah budaya Kerajaan Mataram yang menjadi cikal bakal Kerajaan Jogja dan Solo. Wawasanmu tentang sejarah dan budaya Jawa akan bertambah ketika mengunjungi museum ini.

Keraton Yogyakarta

Mengunjungi istana Yogyakarta dapat menjadi agenda ketika berkunjung ke Jogja. Di Keraton Jogja, kamu dapat menikmati budaya dan peninggalan keraton yang ada di museum keraton. Jika bertepatan dengan acara besar, kamu juga dapat menonton acara tersebut. Apabila beruntung, dapat bertemu langsung dengan Sultan dan keluarga keraton.

Taman Sari Jogja

Masih di area keraton, kamu juga dapat mengunjungi Taman Sari. Taman Sari dulunya merupakan area pemandian puteri keraton. Kini, Taman Sari dibuka untuk umum. Di dalamnya terdapat kolam – kolam berisi air yang jernih berwarna hijau kebiruan. Bangunan sekitar pun terlihat begitu artistik.

Pantai Parangtritis

Berbagai mitos yang muncul di pantai ini tidak menyurutkan wisatawan untuk mengunjunginya. Pantai dengan ombak besar ini tetap memiliki pesona di hati para peminatnya. Dan pantai ini tepat untuk kamu yang menyukai pemandangan matahari terbenam di sore hari.

Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo menjadi salah satu gurun pasir di Indonesia. Di sini, kamu bisa merasakan seolah tengah berada di gurun Afrika. Daya tarik utama wisata ini adalah, kamu dapat berselancar bebas di atas pasir. Selain berselancar di atas pasir, tak sedikit pula pengunjung yang menjadikan lokasi ini sebagai spot foto.

Goa Pindul

Jika ingin mencoba cave tubing, kamu bisa mengunjungi Goa Pindul di Gunung Kidul. Goa ini memiliki panjang 350 meter, dengan lebar 5 meter dan kedalaman mencapai 5 – 12 meter. Kamu akan dibuat takjub dengan indahnya stalaktit dan stalagmit yang ada di dalam goa.

Candi Ratu Boko

Di Jogja dan sekitarnya ada banyak sekali candi, mulai dari yang besar hingga yang kecil. Kebanyakan candi identik dengan sejarahnya, namun tidak dengan Candi Ratu Boko. Selain sejarah, candi ini juga menyimpan keindahan yang menawan. Apalagi ketika senja tiba, kamu bisa menyaksikan romantisnya matahari terbenam di sini.

Kebun Buah Mangunan

Tempat ini menjadi wisata hits beberapa waktu belakangan. Tak mengherankan, karena Kebun Buah Mangunan menawarkan keindahan pemandangan yang begitu memukau. Yaitu bukit dengan kabut di bawahnya, seolah membungkus daratan. Sehingga jika berfoto dari atas, kamu bisa mendapatkan view seperti sedang berada di atas awan.

Mengunjungi tempat ini sebaiknya di pagi hari atau fajar, supaya mendapatkan pemandangan kabut awan yang khas. Jika sudah ada sinar matahari, maka kabut awan akan menghilang.

Jogja Bay

Wahana air buatan terbesar di Jogja ini bisa kamu kunjungi bersama teman atau keluarga. Di sini, kamu bisa puas menikmati berbagai wahana air, mulai dari kolam ombak, seluncuran dengan tinggi puluhan meter, dan kolam arus. Dijamin puas menghabiskan waktu di sini.

Baca juga: Tempat Wisata di Bandung

Tebing Breksi

Tebing Breksi menawarkan keindahan berupa pahatan pada batuan breksi yang begitu unik. Yang paling mencolok adalah pahatan berbentuk naga yang besar menjalar dari atas hingga bawah batuan. Datang ke sini pastikan untuk mengosongkan memori kamera dan datanglah ketika tidak terlalu ramai. Sehingga kamu bisa mendapatkan latar belakang yang pas tanpa gangguan pengunjung lain.

Kalibiru Kulon Progo

Beralih ke Kulon Progo, kamu bisa mengunjungi Kalibiru. Destinasi yang juga menjadi hits belakangan ini menawarkan keindahan berupa pemandangan dari ketinggian yang memukau. Gunung dan perairan yang biru menjadi pemandangan utama yang ditawarkan. Kamu bisa berfoto dari ketinggian tanpa khawatir jatuh, karena di sini telah tersedia pengaman bagi pengunjung yang berfoto.

Hutan Pinus Pengger

Alam Jogja begitu menawan, selain pantai dan bukit, ada juga wisata hutan yang patut dikunjungi, yaitu Hutan Pinus Pengger. Jajaran pohon pinus yang meneduhkan langsung terasa ketika tiba di sini. Banyak juga spot – spot foto buatan yang menarik. Spot foto ini pun dibuat dari ranting kayu dan dianyam sehingga membentuk spot yang unik.

Itulah 15 tempat wisata yang ada di Jogja. Selagi di Jogja, jangan lupa untuk mengunjungi tempat – tempat wisata tersebut. Semoga dapat menjadi referensi bagi kamu yang ingin mengunjungi Kota Jogja. Dan jangan lupa, cicipi kuliner gudeg yang sangat melegenda di Jogja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *