Indonesia Fashion Week
Indonesia Fashion Week. Foto: Raden Prasetya dari Unsplash

Mengenal Indonesia Fashion Week

Posted on

Fashion adalah hal yang sangat menarik dan selalu berkembang dari waktu ke waktu. Fashion sangat beraneka macam, temanya pun diadaptasi dari berbagai hal. Mulai dari tema kehidupan masa kini, budaya, lingkungan hidup, hingga hal lain yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya.

Karena menariknya itu, dibuatlah sebuah acara perhelatan khusus acara fashion, seperti Indonesia Fashion Week. Indonesia Fashion Week (IFW) adalah pekan mode yang paling besar di Indonesia. Mulai diselenggarakan tahun 2011 dan terus dilaksanakan setiap tahunnya di Jakarta Convention Center. Info selanjutnya mengenai Indonesia Fashion Week akan dijelaskan dalam artikel ini. Ikuti sampai selesai, ya!

Mengenal Indonesia Fashion Week

Seperti yang sudah sedikit disinggung sebelumnya, bahwa Indonesia Fashion Week adalah perhelatan acara untuk mode yang terbesar di Indonesia, dan diadakan setiap tahun sejak 2011 lalu. IFW diadakan oleh Indonesian Fashion Entrepreneurs and Designers Association (APPMI).

APPMI sendiri menyelenggarakan acara ini untuk merefleksikan dan mempromosikan budaya Indonesia dalam dunia fashion. Dimana, tentu acara ini dihadiri oleh desainer yang handal, dengan hasil karya yang luar biasa.

Orang yang sangat berpengaruh dalam Indonesia Fashion Week diantaranya adalah Poppy Dharsono sebagai presiden, ada Naniek Rachmat sebagai finance director, Wati Gandarum dan Melatti Sutikno sebagai Executive assistant to the president, serta para advisor yang merupakan Ketua APPMI dari seluruh provinsi di Indonesia. Dan tentunya masih banyak lagi orang berpengaruh di IFW ini.

Event yang terbaru dari IFW ini digelar pada tahun 2018, tepatnya pada tanggal 1 April. Pada perhelatan tahun 2018, menampilkan produk – produk kreatif dan inovatif. Yang mana, mengangkat fashion dengan produk kualitas terbaik, produk kreatif dan inovatif, fashion dengan tema budaya serta tema pengantin, dan lainnya. Tidak hanya itu, dalam rangkaian Indonesia Fashion Week juga terdapat acara seperti fashion show, seminar, workshop, talkshow, kompetisi, serta display produk – produk hasil karya desainer terkenal.

Deretan desainer ternama Indonesia turut memeriahkan acara Indonesia Fashion Week dengan hasil – hasil karyanya. Diantaranya Shanty Zelita Hamid, Dhyani Prima, Ratna Bella, Kathrin Ambarsari, s.Hut., Hapsari Hardhikaputri, Korina Rostiawati, Frederika Cynthia, Nining Santoso, Nina Zalifa, Regina Dewi Kartika, dan Maya Rahma Hervina. Ada juga desainer laki – laki asal Jogja bernama Sugeng Waskito, pemilik Gee Batik.

Cara Ikut Indonesia Fashion Week

Pasti banyak juga yang penasaran dengan ajang bergengsi ini. Kamu pun dapat hadir untuk menyaksikan acara fashion show atau galeri di Indonesia Fashion Week. Khusus untuk pihak press, dapat melakukan registrasi melalui website indonesiafashionweek.id menu Press Registration. Di sana, kamu harus mengisi kolom – kolom registrasi, yang terdiri dari nama depan, email, nomor telepon, alamat media, dan nama media. Kemudian pastikan captcha terisi dan klik “Submit”.

Tentunya untuk press akan ada keistimewaan tertentu, dimana kamu akan mendapatkan ID card resmi dari Indonesia Fashion Week. Ditambah lagi, kamu pun dapat berdiri di lokasi terdekat dengan arena cat walk. Sehingga lebih jelas untuk mengambil foto atau merekam jalannya kegiatan.

Kalimantan menjadi Tema Besar Indonesia Fashion Week 2020

Indonesia Fashion Week 2020 nanti kembali mengusung tema Borneo atau Kalimantan. Karena, Kalimantan memiliki wilayah yang sangat besar dengan berbagai keragaman budaya, dan IFW sebelumnya belum mengangkat semua budaya Kalimantan. Oleh karena itu, di IFW tahun 2020 ini akan kembali diangkat tema Kalimantan.

Tema besar yang digunakan dalam IFW 2020 ini adalah “Tales of the Equator”, yang akan mengangkat budaya suku Dayak, Kutai, dan Banjar. Nantinya, tema Borneo ini akan ditransformasikan ke dalam karya fashion dari desainer ternama dengan berbagai kategori fashion, yaitu ready to wear, conventional, kontemporer, serta modest fesyen.

APPMI juga bekerjasama dengan Indonesia Global Compact Network (IGCN) – aliansi dari United Nations yang mengurus fashion berkelanjutan. Tujuannya supaya industri fashion ramah lingkungan terus berkembang di Indonesia.

Turut Dihadiri oleh Tamu Penting Internasional

Rencananya, IFW 2020 tidak hanya menghadirkan desainer Indonesia, tapi juga desainer internasional. Yang juga turut serta dalam acara IFW 2020, diantaranya Tiziano Guardini dan Bianca Lami dari Italia, Chourouk Bennani dari Tunisia, dan Jaroslaba Wurll dari Slovakia.

Selain itu, ada juga tamu internasional yang ikut hadir dalam acara penutupan IFW 2020 ini. Yaitu Alexandre de Lesseps, yang merupakan cucu dari Ferdinand de Lesseps, orang yang membangun Terusan Suez. Alexandre de Lesseps sendiri adalah seorang pioner dari micro financing di negara berkembang, serta President dari Pandaw Investment Holdings of Hong Kong.

Fashion yang Berkelanjutan

IFW 2020 nanti akan bekerjasama dengan Indonesia Global Compact Network (IGNC), yang merupakan aliansi dari PBB untuk fashion berkelanjutan. Tujuannya untuk mendukung fashion ramah lingkungan yang ada di Indonesia. Karena, di Indonesia sendiri fashion adalah industri terbesar kedua yang paling banyak menggunakan air dalam proses produksinya.

Salah satu desainer yang turut menampilkan karya dengan tema fashion berkelanjutan adalah Ivan Gunawan. Ivan akan berkolaborasi dengan Asian Pacific Rayon (APR), yang merupakan pabrik lokal penghasil aneka tekstik sintetis dari bahan dasar serat kayu. Salah satu koleksi Ivan yang menggunakan bahan ini adalah “Birds of Happiness”, yang menyulap jeans bahan dasar viscose rayon menjadi busana pre-a-porter, baju pria, dan busana wanita.

Dimana, busana yang dibuatnya ini menggunakan 100 persen selulosa kayu, sehingga ketika baju tidak terpakai atau dibuang, dapat terurai dengan tanah. Inilah maksud dari fashion yang berkelanjutan, dimana limbah dari fashion ini berasal dari bahan ramah lingkungan yang dapat terurai dengan tanah.

Menyaksikan Galeri Fashion di Indonesia Fashion Week

Acara yang digelar selama beberapa hari ini, tidak hanya sekedar model yang berjalan di atas catwalk saja. Kamu juga bisa melihat desain – desain pakaian yang dibuat oleh para desainer di area display. Di sini, akan dipajang berbagai busana karya desainer terkenal. Kamu dapat menyaksikannya dari dekat, dan tentunya dapat memfoto.

Tapi, kamu harus tetap berhati – hati dan tidak asal pegang. Karena jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, kamu harus bertanggung jawab atas perbuatanmu.

Jadwal Acara Indonesia Fashion Week 2020

Pasti kamu sudah tidak sabar menanti acara perhelatan fashion terbesar di Indonesia tahun 2020 ini, kan?

Karena memang, acara ini sangat worth it untuk disaksikan. Apalagi, tema yang diangkat adalah budaya Nusantara.

Di tahun 2020 ini, Indonesia Fashion Weeks seharusnya diadakan pada tanggal 1 – 5 April 2020. Sayangnya, karena pandemi Covid-19 Corona ini, acara IFW 2020 akan ditunda terlebih dahulu.

Rencananya, akan di re-schedule pada 7 – 11 Oktober 2020 di Jakarta Convention Center. Namun tentunya, semua ini tergantung pada situasi dan kondisi di dunia. Kita berdo’a saja, semoga dunia segera pulih sehingga Indonesia Fashion Week 2020 dapat digelar di waktu yang sudah dijadwalkan.

Itulah artikel singkat mengenal Indonesia Fashion Week yang menjadi acara tahunan di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *