Ide Bisnis Kreatif
Ide Bisnis Kreatif. Foto: S. Hermann & F. Richter dari Pixabay

10 Ide Bisnis Kreatif yang Menguntungkan

Posted on

Bisnis dapat dilakukan oleh siapa saja, baik yang sudah memiliki pekerjaan tetap maupun orang yang benar – benar ingin terjun di dunia bisnis. Banyak orang yang ingin memiliki bisnis, namun masih banyak alasan yang menghinggapi di belakangnya. Selain modal, kendala yang lain adalah bingung membuat bisnis apa yang tepat pada kondisi yang dihadapi saat ini.

Cukup sulit menentukan ide bisnis di tengah modernisasi saat ini. Karena sudah banyak pekerjaan yang diambil alih oleh mesin. Dan tak hanya itu, pekerjaan kerah biru pun perlahan mulai diambil alih oleh mesin. Namun, satu yang tidak dapat diambil alih oleh mesin, yaitu usaha yang membutuhkan kreativitas manusia. Bidang usaha yang memiliki kreativitas manusia adalah bisnis kreatif, yang tentu jika dilakukan di masa saat ini akan mendatangkan keuntungan melimpah.

Inilah 10 ide bisnis kreatif yang menguntungkan:

Perlengkapan Rumah Tangga Unik

Trend mendekorasi rumah atau home decor tengah naik daun. Kamu pun dapat mengambil kesempatan ini untuk berbisnis. Kamu bisa membuat perlengkapan rumah tangga unik dari bahan alami, seperti rotan, limbah kayu, keramik, atau lainnya.

Ide tipe rumah minimalis juga dapat membuatmu lebih kreatif, kira – kira bentuk seperti apa yang cocok untuk rumah tipe minimalis. Selain itu, kamu juga dapat menyasar kafe yang kini sedang naik daun juga di kalangan anak milenial.

Konten Kreator

Konten kreator atau pembuat konten saat ini makin banyak dicari. Kamu dapat menjadi konten kreator sebagai pekerjaan lepasmu di sela – sela pekerjaan utama. Banyak perusahaan yang mencari konten kreator untuk membuat artikel atau video, dengan tujuan iklan.

Karena saat ini, daya tarik masyarakat terhadap iklan mulai menurun, sehingga diperlukan strategi yang tepat untuk menarik masyarakat. Yaitu dengan membuat konten kreatif supaya menarik minat masyarakat untuk membeli produk. Konten yang kreatif tentu diminati oleh perusahaan dan juga masyarakat. Fee yang didapat seorang konten kreator pun sangat fantastis, bisa jadi senilai gaji bulanan di pekerjaanmu.

Fotografer

Jika kamu memiliki jiwa seni yang tinggi dan pemahaman akan dunia fotografi, menjadi fotografer adalah langkah yang tepat. Meskipun belum memiliki alat – alat fotografi, kamu bisa menyewa peralatan tersebut dan mengasah kemampuanmu.

Fotografer kini tidak hanya dibutuhkan saat acara pernikahan atau acara – acara tertentu. Banyak hal yang kini membutuhkan fotografer, seperti fotografer untuk makanan, untuk produk, fotografer model, fotografer maternity, hingga fotografer untuk foto keluarga. Fee untuk seorang fotografer bisa mencapai jutaan satu kali pengambilan foto. Hal ini tentu sebanding dengan skill kreatif dan juga peralatan yang dimiliki sang fotografer.

Videografer

Sama seperti fotografer, videografer memiliki pekerjaan yang tidak jauh berbeda dari fotografer. Dimana tugas mereka adalah melakukan pengambilan gambar, bedanya videografer melakukan pengambilan video. Video ini pun dapat berupa video acara pernikahan, video acara tertentu, hingga video klip.

Tidak sebatas itu saja, videografer juga sering dicari oleh perusahaan untuk mengerjakan proyek tertentu, misalnya proyek iklan atau semacamnya. Jika jam terbang sebagai videografer dan channel sudah banyak, bukan tidak mungkin jika kamu mendapatkan klien dari orang atau perusahaan besar. Kamu pun dapat menghasilkan pundi – pundi pendapatan yang fantastis.

Jasa Dekorasi Interior

Minat akan dekorasi interior mulai meningkat di kalangan milenial saat ini. Ketertarikan akan desain mulai berkembang seiring berjalannya waktu, yang mana tentu berbeda dengan selera orang tua mereka. Jika dulu rumah mewah identik dengan pernak – pernik dan desain yang glamour serta terang menyala, kini tidak lagi. Rumah mewah justru dapat dilihat dari penataan interiornya yang bahkan terlihat minimalis, namun elegan.

Untuk bisa menjadi seorang dekorator interior, tidak perlu menempuh pendidikan desain. Bahkan banyak pakar dekorasi yang tidak memiliki latar belakang desain. Namun, ketekunan dan belajar terus menerus yang mereka pegang supaya dapat membuat dekorasi yang unik dan menarik.

Pet Grooming

Jasa pet grooming mulai banyak dibuka di kota – kota besar. Hal ini dilandaskan akan gaya hidup masyarakat yang gemar memelihara hewan peliharaan, yang bahkan biasanya tidak hanya karena suka terhadap hewan, tapi juga sebagai teman.

Untuk kamu yang juga suka pada hewan, kamu bisa membuka jasa pet grooming. Biasanya, jasa pet grooming ini juga dibarengi dengan jasa penitipan hewan, jual makanan hewan, hingga pernak – pernik dan aksesoris hewan peliharaan.

Jasa Sewa Penginapan

Jika kamu memiliki rumah yang luas dan beberapa kamar tidak terpakai, kamu bisa manfaatkan untuk jasa penginapan. Tidak peduli seperti apa desain rumahmu. Jika itu bersih dan nyaman, maka sah saja untuk dijadikan sebagai hostel. Apalagi jika rumahmu berada di kota yang menjadi tujuan wisata, seperti Bali, Yogyakarta, Jakarta, Semarang, Bandung, Surabaya, atau kota lainnya.

Kamu bisa memasarkan kamar melalui website penyedia sewa kamar. Justru, jika kamu memiliki rumah dengan desain etnik tradisional atau rumah model kolonial Belanda, ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin mencari penginapan.

Katering Diet

Katering makanan sudah umum adanya dan banyak dilakukan oleh kebanyakan pelaku bisnis. Yang unik dan kreatif adalah katering diet. Yang mana, menu makanan disesuaikan dengan gizi sang pelanggan. Tentunya, untuk menjalankan bisnis ini kamu harus menggandeng ahli gizi atau orang yang paham akan gizi.

Selain itu, kamu bisa juga menawarkan jenis – jenis diet dan menunya. Tantangannya adalah, kamu harus dapat mengolah makanan diet yang kebanyakan tidak disukai, menjadi makanan sehat yang nikmat. Dengan memperhatikan kebutuhan gizi tiap pelanggan.

Jual Barang Antik

Bisnis barang antik dapat dikatakan bisnis yang tidak lekang oleh waktu, meskipun barang yang dijual sudah tidak digunakan lagi oleh kebanyakan orang. Justru, semakin lama produk tersebut, maka akan semakin tinggi harganya. Biasanya, pelaku bisnis barang antik ini adalah para kolektor yang memang sangat memahami barang – barang antik. Satu kali barang terjual, dapat laku di harga yang fantastis, dari puluhan juta hingga miliaran rupiah.

Event Organizer

Bisnis event organizer kini dapat dilakukan secara mandiri, artinya kamu sendiri tanpa lembaga atau perusahaan pun dapat menjadi event organizer. Yang kamu butuhkan adalah ide kreatif supaya konsep acara unik. Selain itu, kamu juga perlu bekerjasama dengan persewaan dekorasi ruangan hingga katering. Sebagai event organizer, kamu hanya perlu merancang keperluan acara dari membuat konsep hingga jalannya acara.

Event organizer kini juga banyak digunakan untuk acara – acara sederhana yang sering terjadi, seperti ulang tahun, baby shower, tunangan, serta acara lain. Dimana, kamu bisa mulai karirmu dengan meng-handle acara miliki teman atau keluargamu. Nantinya, kamu bisa meminta testimoni betapa uniknya desain yang kamu buat.

Itulah bisnis kreatif yang dapat dijalankan di tahun 2020 ini. Dijamin, tidak lekang oleh waktu dan tentu menghasilkan keuntungan fantastis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *