Ide Bisnis dari Rumah
Ide Bisnis dari Rumah. Foto: StockSnap dari Pixabay

10 Ide Bisnis yang Bisa Dimulai dari Rumah

Posted on

Menjadi seorang pebisnis adalah pilihan yang cukup berani. Karena, berbisnis artinya berani menghadapi segala ketidak pastian terutama dalam keuangan. Penghasilan yang tidak tentu setiap bulan pun menjadi tantangan tersendiri bagi pebisnis. Namun, ketika bisnis sudah stabil, seolah pilihan menjadi pebisnis adalah jalan yang tepat untuk ditempuh.

Bisnis tidak selamanya berhubungan dengan perusahaan besar. Bahkan, bisnis yang sukses pun dapat dilakukan dari rumah. Ini tentu sangat tepat bagi kamu yang ingin menambah penghasilan tanpa harus mencari lahan. Ide bisnis dari rumah ini juga tepat bagi ibu rumah tangga yang ingin membantu penghasilan suami. Sehingga, pendapatan rumah tangga tidak hanya datang dari satu sumber.

Berikut ini, 10 ide bisnis dari rumah yang dapat meningkatkan pendapatan rumah tangga:

Katering Makanan Harian

Jika memiliki keahlian memasak, bisnis makanan adalah hal yang paling dapat dilakukan. Apalagi jika kegiatan sehari – hari menjadi ibu rumah tangga, tentu keahlian memasak sudah terasah secara alami. Bisnis katering menjadi bisnis yang sangat menjanjikan. Kamu bisa mengambil pesanan katering untuk arisan, acara aqiqah, atau acara lainnya. Bahkan, kamu bisa menyediakan makanan harian baik untuk sarapan, makan siang, atau makan malam.

Tidak perlu membuka toko atau mempersiapkan banyak modal. Kamu bisa memulai dengan memasarkan jasa kateringmu melalui group WhatsApp, atau sosial media lainnya. Lalu, membuka dengan sistem PO (Pre Order), artinya orang memesan dan membayar terlebih dahulu baru pesanan dibuatkan.

Jika rumahmu berlokasi di perkotaan, dekat dengan kost mahasiswa atau permukiman kantor, ini menjadi nilai plus. Karena kebanyakan, mahasiswa dan orang kantoran tidak sempat mempersiapkan makanan, jadi jasa seperti ini akan sangat dicari.

Jasa Cuci Mobil dan Motor

Motor dan mobil sudah bukan lagi kendaraan langka. Karena saat ini, dapat dipastikan dalam setiap rumah memiliki kendaraan tersebut, minimal motor. Kondisi seperti ini dapat kamu manfaatkan dengan membuka jasa cuci mobil dan motor. Terkesan sederhana mencuci mobil dan motor, tapi masih banyak orang yang tidak sempat melakukannya sendiri dan lebih memilih mencucikannya.

Yang diperlukan untuk bisnis ini adalah pompa air, kompresor, kain lap, sabun, serta peralatan semir motor supaya mengkilap. Jika kamu memiliki pekerjaan utama, bisnis ini dapat kamu buka ketika kamu pulang kerja hingga malam hari. Bahkan, ibu rumah tangga pun dapat melakukan pekerjaan ini.

Jasa Laundry

Padatnya aktivitas orang membuat mereka tidak sempat mengurus kebutuhan pribadinya sendiri, salah satunya adalah mencuci baju. Jasa laundry dapat menjadi penyelamat yang tepat dalam hal ini. Modal yang diperlukan adalah mesin cuci, pengering, aliran air yang baik, sabun dan pewangi, serta setrika. Lebih baik menggunakan setrika gas supaya kain lebih cepat licin.

Jasa laundry tidak memerlukan ruangan yang luas. Bahkan di kota – kota besar, jasa laundry dapat menempati ruko ukuran 3×4 meter saja.

Counter dan Jual Pulsa Elektrik

Agen pulsa dan counter masih menjadi bisnis sampingan yang diminati. Kamu hanya perlu menyiapkan lokasi di teras rumah dan menempatkan etalase sebagai display. Di zaman seperti ini, tidak ada yang tidak membutuhkan pulsa dan kuota. Bisnis seperti ini seolah tidak pernah lekang oleh zaman.

Jasa Kursus / Les

Jika kamu memiliki keahlian dan pengetahuan yang mumpuni dan dapat mengajar, kamu bisa membuka jasa kursus atau les. Mengajari anak – anak belajar masih dicari hingga saat ini. Mengingat kini banyak orang tua yang sibuk dengan pekerjaan mereka sehingga tidak sempat menemani anak belajar di rumah.

Selain les pelajaran sekolah, kursus lain seperti menjahit, kursus memasak, atau kursus lainnya dapat kamu ajarkan. Sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki.

Dropshipper Produk

Dropshipper menjadi bisnis yang digemari oleh ibu rumah tangga belakangan ini. Dropshipper artinya menjual kembali produk orang lain, jadi kamu tidak perlu memiliki produk sendiri untuk dijual. Kamu hanya perlu mencari supplier yang melayani dropshipper, bisa mencari melalui sosial media ataupun marketplace. Selanjutnya, kamu dapat menjual kembali produk tersebut melalui sosial media atau juga marketplace. Harga jual bisa kamu tentukan sendiri berdasarkan harga beli dan keuntungan yang ingin kamu dapatkan.

Bisnis ini hanya membutuhkan modal berupa gadget dan kuota internet atau wifi. Serta kegigihan dan kerja keras supaya tidak malas berjualan.

Bisnis Kue dan Makanan Kering

Bisnis kue dan makanan kering biasanya marak menjelang Idul Fitri. Padahal, kamu bisa menekuni bisnis ini tidak hanya jelang Idul Fitri saja. Apalagi bagi kamu yang memiliki hobi membuat kue, kamu bisa berkreasi membuat kue, pudding, atau makanan ringan lainnya.

Jika takut basi dan tidak ada yang membeli, kamu bisa membuat sistem pre order. Bisnis ini pun cocok bagi kamu yang juga bekerja kantoran dan masih ingin mendapatkan tambahan penghasilan. Teman – teman kantor dapat menjadi calon customer yang tepat sebagai awal perkenalan bisnis kamu. Jika kue atau makanan kering yang kamu buat enak, tentu mereka akan melakukan repeat order.

Jasa Desain Grafis

Jasa desain grafis menjadi ide bisnis dari rumah selanjutnya, karena memang hanya memerlukan laptop, internet, dan skill membuat desian grafis tentunya. Kamu bisa menciptakan desian – desian yang kemudian dapat dijual ke orang lain. Atau kamu juga dapat menerima pesanan desain dari orang lain. Karena desain terbilang cukup sulit, fee dari jasa ini pun cukup menggiurkan. Untuk logo sederhana saja bisa dihargai Rp 75.000 dengan satu kali revisi. Bagi seorang desainer grafis, membuat logo sederhana tentu hanya membutuhkan waktu yang singkat.

Jasa desain grafis ini tidak hanya terpacu pada customer Indonesia saja, tapi kamu juga dapat melebarkan sayap ke dunia internasional. Melalui platform digital freelancer.

Jasa MUA

Jasa MUA atau rias kini tengah naik daun. Untuk kamu terutama para wanita, bisa membuka jasa MUA ini, baik di rumah ataupun menerima panggilan. Fee yang diterima oleh jasa make up ini pun terbilang tinggi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah dalam satu kali riasan.

Toko Kelontong dan Sembako

Jika memiliki cukup ruangan di depan rumah, kamu dapat membuka toko kelontong dan sembako. Apalagi jika tempat tinggalmu berada di daerah perkampungan padat penduduk. Meskipun supermarket telah merajalela, toko kelontong dan sembako tetap menjadi incaran warga masyarakat memenuhi kebutuhannya. Apalagi mereka yang ingin membeli dengan cepat dan biasanya produk yang dibeli adalah produk ketengan, yang biasanya tidak tersedia di supermarket.

Kunci supaya toko kelontong dan sembako yang dibuka di rumah laris, yaitu mencari supplier dengan harga paling rendah. Selain itu, lengkapnya tokomu membuat orang akan selalu mengingat toko milikmu.

Baca juga: 10 Ide Bisnis Kreatif

Itulah 10 ide bisnis dari rumah yang dapat kamu jalankan, baik sambil bekerja atau untuk mengisi waktu ibu rumah tangga sambil mencari tambahan penghasilan. Bisnis dari rumah akan berhasil dan sukses apabila kamu menguasai dan senang melakukannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *