Baik Buruknya Smartphone
Sumber: vebma.com

Baik Buruk Smartphone dalam Hidup Kamu

Posted on

Semua hal pasti memiliki dua sisi baik maupun buruk, begitu pula dengan membeli smartphone. Mungkin smartphone banyak membantu dalam menjalan pekerjaan. Namun, manfaat smartphone bukan hanya semata memudahkan pekerjaan saja. Banyak banget manfaat yang bisa kita peroleh dengan smartphone, dengan syarat menggunakannya juga dengan bijak. Berikut ini manfaat yang bisa diperoleh dari gawai yang bermana smartphone:

  1. Berkomunikasi secara virtual: Jarak yang jauh bukan lagi penghalang bagi kita untuk melihat wajah sanak suudara maupun pasangan. Dengan adanya smartphone kita bisa mudah melihat muka mereka bahkan Nampak seperti virtual.
  2. Informasi Mudah didapat: Gawai atau Gadget jenis ini akan mudah membantu kamu mengupdate informasi maupun ilmu secara mudah dengan hanya satu klik saja.
  3. Banyak hiburan yang bisa kamu peroleh melalui smartphone, mulai dari mendengarkan musik, menonton video bahkan juga bermain game online
  4. Menyimpan data juga bisa dilakukan dengan smartphone, jadi kamu tidak perlu membawa flashdisk yang biasanya rawan hilang.
  5. Ketika kita dalam perjalanan ke daerah yang notabene tergolong asing dan kita tidak tahu jalan Kamu tidak perlu khawatir. Salah satu fitur aplikasi smartphone mampu membantu Kamu layaknya guide yang mampu berperan sebagai penunjuk arah.

Baca juga: Tips Membeli HP Second

Meskipun smartphone memiliki manfaat dalam dunia modern seperti saat ini, namun tetap saja smartphone juga bisa menimbulkan efek buruk baik bagi kesehatan maupun hubungan sosial. Jadi apabila kamu pengguna smartphone alangkah baiknya menggunakan sebijak mungkin dengan durasi yang sewajarnya. Sehingga sebelum membeli smartphone kamu harus terlebih dahulu mematri dalam diri bahwa harus menghindari efek buruk yang bisa ditimbukannya. Selanjutnya, Yuk kita simak efek negatif dari smartphone.

Smartphone atau Telfon Pintar banyak juga efek samping yang dapat ditimbulkan jika penggunanya tidak bijaksana. Efek buruk apa saja yang ditimbulkan? Berikut saya akan mengulasnya.

  1. Menjauhkan yang dekat dan mendekatkan yang jauh: Dengan adanya smartphone kamu akan asyik sendiri berselancar untuk sekedar chat kawan atau hanya mencari update informasi terkini. Hal ini menyebabkan orang-orang yang berada di dekat Kamu jadi terabaikan. Alhasil tidak sedikit pasangan yang bertengkar karena hal sepele semacam ini karena merasa terabaikan.
  2. Menyebabkan mata mudah lelah dan Minus bertambah: Penggunaan smartphone yang terlalu sering dengan durasi lama menyebabkan mata banyak terpapar radiasi cahaya. Radiasi cahaya ini tidak baik loh gaes bisa menyebabkan mata lelah dan minus bertambah.
  3. Mudah sakit: Keasyikan bermain smatphone bisa memicu orang untuk males gerak atau bahasa gaulnya mager. Hal ini menjadikan orang malas berkerja dan berakibat banyaknya penyakit yang mengintai seperti: obesitas, diabetes, jantung, nyeri tulang atau sendi.
  4. Kecanduan: Efek ini sangat berbahaya kerena layaknya orang yang kecanduan Narkoba, orang yang kecanduan smartphone juga susah pengobatannya karena dia harus bersama gadgetnya selama 24 jam.

Baca juga: Urgensi Smartphone di Jaman Sekarang

Nah, setelah mengetahui dampak buruk smartphone mulai sekarang yuk gaes lebih bijaksana dalam membeli smartphone maupun menggunakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *